Ingin Liburan Berkeliling Peta Kepulauan Seribu? Simak Tips Ini Dulu, Ya!

Menjelajahi  peta Kepulauan Seribu alias island hopping jadi aktivitas liburan yang seru. Simak dulu tips informatif berikut, ya!

Peta Kepulauan Seribu bisa dikenali dengan mudah dengan banyaknya pulau kecil yang ada di wilayah ini. Secara total, ada sebanyak 342 pulau yang bisa Anda temukan di sini. Tak semuanya merupakan pulau berpenghuni, ada sekitar 158 pulau yang hanya berupa terumbu karang dan hamparan pasir tanpa ada vegetasi apapun di dalamnya.

Dari sekian banyak pulau itu, terdapat 11 pulau yang merupakan pulau berpenghuni. Sebelas pulau tersebut adalah, Pulau Harapan, Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang, Pulau Pari, Pulau Tidung Kecil, Pulau Tidung Besar, Pulau Panggang, Pulau Pramuka, Pulau Kepala, Pulau Sebira, serta Pulau Kelapa Dua. Selain itu, ada pula beberapa pulau yang secara khusus dijadikan sebagai pulau wisata, seperti Pulau Puteri, Pulau Onrust, Pulau Bidadari, Pulau Kotok Besar, ataupun Pulau Sepa.

Semua pulau-pulau yang termasuk dalam peta Kepulauan Seribu bisa Anda jelajahi sepuasnya. Cara melakukan penjelajahan, bisa dilakukan dengan memanfaatkan jasa agen yang menyediakan paket wisata Kepulauan Seribu, atau bisa pula memilih untuk menjadi wisatawan solo yang melakukan aktivitas penjelajahan secara mandiri.

Cara Menuju ke Kepulauan Seribu

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika ingin menjelajahi peta Kepulauan Seribu adalah menuju ke wilayah kepulauan ini terlebih dahulu. Ada 3 titik keberangkatan yang bisa Anda pakai untuk sampai ke Kepulauan Seribu, yaitu:

  1. Pelabuhan Kaliadem di Muara Angke

Pelabuhan Kaliadem yang berada di Muara Angke kerap menjadi titik keberangkatan utama para wisatawan yang ingin ke Kepulauan Seribu. Di pelabuhan ini, Anda bisa menemukan kapal yang bisa membawa Anda ke beberapa pulau, seperti Pulau Harapan, Pulau Pramuka, Pulau Kelapa, Pulau Pari, ataupun Pulau Tidung.

Layanan penyeberangan yang ada di pelabuhan ini biasanya berangkat pada rentang antara pukul 07.00 sampai 09.00. Tarif yang Anda perlukan untuk menggunakan layanan penyeberangan ke Kepulauan Seribu di sini juga cukup murah, berkisar di angka Rp50 ribuan per orang. Hanya saja, durasi perjalanannya cukup lama. Sebagai contoh, perjalanan ke Pulau Harapan, butuh waktu sekitar 3-4 jam.

  1. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pilihan lokasi keberangkatan berikutnya adalah menuju ke Pelabuhan Sunda Kelapa. Di pelabuhan ini, Anda bisa menjumpai kapal penyeberangan ke Kepulauan Seribu yang disediakan oleh Pelni. Ada 2 unit kapal yang siap mengantar Anda, yakni KM Sabuk Nusantara 66 serta KM Express Bahari.

KM Sabuk Nusantara 66 menawarkan rute perjalanan dari Sunda Kelapa, Untung Jawa, Pramuka, sampai ke Pulau Kelapa. Kapal ini bisa Anda tumpangi dengan harga yang sangat murah, yakni Rp15.000. Sementara itu, KM Express Bahari menjadi layanan penyeberangan yang secara khusus melayani rute Sunda Kelapa ke Pulau Tidung.

  1. Dermaga Marina Ancol

Titik keberangkatan yang terakhir adalah Dermaga Marina yang ada di Ancol. Di sini, Anda bisa menjumpai layanan penyeberangan ke Kepulauan Seribu menggunakan kapal cepat. Alhasil, penyeberangan bisa dilakukan dalam waktu yang jauh lebih singkat. Sebagai contoh, untuk penyeberangan ke Pulau Harapan, bisa ditempuh hanya dalam waktu 45 menit.

Durasi keberangkatan kapal dari dermaga ini juga cukup tinggi. Anda bisa memilih waktu keberangkatan di hari biasa ataupun di akhir pekan. Hanya saja, Anda tak bisa membandingkan tarif naik kapal cepat di sini dengan kapal Pelni ataupun kapal yang berangkat dari Muara Angke. Tarifnya jauh lebih mahal, mencapai 3 sampai 4 kali lipat.

Destinasi Tujuan Island Hopping di Peta Kepulauan Seribu

Ketika ingin melakukan aktivitas island hopping mengelilingi peta Kepulauan Seribu, Anda bisa memilih datang ke Pulau Harapan. Pulau ini kerap digunakan oleh para wisatawan sebagai tempat persinggahan dan menginap selama di Kepulauan Seribu. Apalagi, pulau ini menyediakan deretan penginapan serta akses listrik selama 24 jam.

Selain itu, pulau ini juga memiliki lokasi yang strategis, tak hanya dekat dengan Jakarta, tapi memberi akses mudah ke berbagai pulau kecil di peta Kepulauan Seribu. Beberapa pulau kecil dengan pemandangan cantik yang bisa Anda telusuri dari pulau ini di antaranya adalah:

  • Pulau Gosongan

Destinasi island hopping pertama yang bisa dijangkau dengan mudah dari Pulau Harapan adalah Pulau Gosongan. Pulau pasir yang satu ini, bisa ditempuh dalam perjalanan sangat singkat, menunjukkan posisi kedua pulau dalam peta Kepulauan Seribu ini memang begitu dekat. Apalagi, Pulau Gosongan merupakan bagian dari wilayah Kelurahan Pulau Harapan.

Di pulau ini, Anda bisa menghabiskan waktu untuk ber-snorkeling, berenang, atau bermain pasir. Tak ketinggalan, Anda juga bisa melihat berbagai jenis hewan laut yang eksotis selama di sini, termasuk di antaranya adalah bintang laut. Hanya saja, hal yang harus dipastikan, jangan terlalu lama membawa bintang laut keluar dari air, karena hewan ini bisa mati.

  • Pulau Macan

Destinasi berikutnya adalah Pulau Macan. Ketika berkunjung ke sini, Anda tak hanya berkesempatan untuk menikmati pemandangan alam bawah lautnya. Di waktu yang sama, wisatawan bisa mencoba untuk menjelajahi pulau dengan aktivitas trekking.

  • Pulau Kelapa Dua

Pulau Kelapa Dua lokasinya sangat dekat dengan Pulau Harapan. Hal utama yang membuat Anda harus singgah ke pulau ini adalah, karena di sini Anda bisa menemukan area penangkaran penyu hijau.

  • Pulau Kotok

Pulau Kotok jadi persinggahan berikutnya dalam aktivitas island hopping mengelilingi peta Kepulauan Seribu. Di pulau ini, Anda berkesempatan untuk melihat secara langsung 2 jenis elang eksotis yang menjadi penghuni Kepulauan Seribu, yakni elang bondol dan elang laut. Anda bisa mendapati kedua jenis elang tersebut di area penangkaran yang ada di sini.

Sejatinya, ada 2 jenis elang lain yang hidup di wilayah Kepulauan Seribu, yakni elang tiram dan elang kepala abu. Hanya saja, kedua jenis elang itu kini sudah tak lagi bisa dijumpai, alias punah. Sebagai tambahan, dalam perjalanan ke Pulau Kotok, kalau beruntung Anda berkesempatan untuk menyaksikan lumba-lumba liar yang mengiringi laju kapal.

  • Pulau Gusung Perak

Pulau Gusung Perak jadi destinasi berikutnya. Pulau ini terkenal dengan hamparan pasirnya yang lembut dan putih, layaknya tepung. Hal yang harus diperhatikan di pulau ini adalah keberadaan bulu babi. Hewan ini memang terlihat lucu, tapi durinya memiliki racun yang cukup berbahaya.

  • Pulau Genteng

Pulau Genteng jadi destinasi menarik selanjutnya. Pulau ini dapat Anda jangkau cukup dengan menaiki kapal cepat sekitar 1 jam dari Pulau Harapan. Pulau ini terkenal memiliki perairan yang begitu cantik. Anda bisa mendapati terumbu karang yang begitu terjaga keindahannya di sini. Tak heran kalau wisatawan yang datang ke Pulau Genteng selalu menghabiskan waktunya dengan aktivita snorkeling.

Itulah tips penting yang bisa Anda perhatikan ketika ingin melakukan perjalanan menjelajahi peta Kepulauan Seribu sebagai pilihan liburan yang murah. Untuk perjalanan liburan yang nyaman dan aman, Anda bisa memanfaatkan paket wisata Pulau Harapan yang kami tawarkan. Tinggal pilih itinerary dan biaya paket yang sesuai dengan bujet Anda. Kami tunggu, ya!

 

About Author

client-photo-1
pulauharapanbahari